Atasi Permasalahan Logistik, Aplikasi ini Hadirkan Skema Muatan Lanjutan

Mar 20, 2018 | 0 comments

Permasalahan logistik telah menjadi permasalahan umum yang dihadapi oleh berbagai perusahaan terutama di Indonesia dan khususnya wilayah Sumatera.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution mengungkapkan bahwa banyak permasalahan yang masih membebani sektor logistik di luar dwelling time. Masalah tersebut harus diselesaikan sesegera mungkin agar bisa mendorong pertumbuhan ekonomi.

Mahalnya biaya logistik yang membebani perusahaan pemilik barang juga menjadi perhatian berbagai pihak. Biaya logistik di Indonesia memang mahal atau setara dengan 24% dari Produk Domestik Bruto (PDB). Mahalnya biaya tersebut dipengaruhi berbagai hal. Panjangnya rantai distribusi, jalur distribusi yang belum membaik, waktu tunggu, serta sistem distribusi yang belum terbentuk dari tempat antar dan pemberhentian

Menjawab berbagai permasalahan tersebut, PT Sinergi Informatika Semen Indonesia telah mengeluarkan aplikasi logistik bernama EPOOOL. Aplikasi ini digadang-gadang mampu menjadi jembatan atas kebutuhan Truk pada pemilik barang serta kebutuhan muatan pada perusahaan transportasi melalui teknologi informasi. EPOOOL akan membantu menyelesaikan permasalahan tingginya harga pengiriman, dan sulitnya mencari alat angkut di Indonesia terutama saat ini di wilayah Sumatera

Dengan menggunakan aplikasi ini, perusahaan transportasi tidak perlu menunggu pada titik-titik pemberhentian, dan akan secara otomatis dapat melihat permintaan angkut dari para pemilik barang. Hal tersebut tentunya akan memotong waktu tunggu dan memperbesar kemungkinan pemlilik transportasi dalam mendapatkan muatan balik atau lanjutan. Aplikasi ini jelas akan mendorong pertumbuhan bisnis pemilik transportasi baik dari level korporasi hingga individual.

Kebutuhan yang tinggi akan efisiensi dan efektifitas, didorong dengan dukungan yang diberikan oleh pemerintah, adalah alasan yang kuat bagi pemilik jasa transportasi untuk melakukan inovasi.